Posisi Tubuh yang Dianjurkan Ketika Bersepeda

desre12

Posisi Tubuh yang Dianjurkan Ketika Bersepeda
Posisi Tubuh yang Dianjurkan Ketika Bersepeda

ercenews– Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika posisi tubuh tidak benar. Simak lima posisi tubuh yang dianjurkan agar tidak mudah pegal dan lelah saat bersepeda.

1. Punggung Lurus

Pastikan punggung Anda tetap lurus saat bersepeda. Hindari membungkuk terlalu jauh ke depan atau terlalu tegak, karena kedua posisi ini dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang dan otot punggung.

2. Bahu Rileks

Rilekslah bahu Anda dan hindari mengangkat bahu terlalu tinggi saat bersepeda. Bahu yang tegang dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan punggung bagian atas, sehingga membuat Anda cepat lelah.

3. Sikap Ergonomis

Pastikan posisi Anda ergonomis dengan menyesuaikan ketinggian dan posisi setang serta sadel sepeda. Setang sepeda sebaiknya sejajar dengan tinggi atau sedikit di bawah ketinggian sadel untuk menghindari ketegangan pada tubuh.

4. Berat Badan Merata

Sebisa mungkin, sebarkan berat badan Anda merata di atas sadel dan setang. Jangan membebani satu sisi tubuh lebih berat dari yang lain, karena hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan ketegangan pada otot.

5. Kaki Fleksibel

Pastikan kaki Anda fleksibel dan terasa nyaman pada pedal. Posisikan bola kaki Anda di tengah pedal dan pastikan Anda dapat menggerakkan kaki dengan leluasa saat mengayuh sepeda.